Stock_Pic_060519

Bursa Amerika berakhir menguat setelah sempat melemah selama 2 hari berturut-turut karena sentiment dari rilis data pekerjaan yang lebih tinggi dari estimasi. Non farm payroll April tercatat bertambah 263k tenaga kerja yang lebih tinggi dari estimasi hanya akan naik 190k. Selain itu data tingkat pengangguran 3.6% yang merupakan terendah sejak 1969 serta lebih rendah dari estimasi sebesar 3.8%. Indeks Dow Jones +0.75%, S&P 500 0.96%, dan Nasdaq +1.58%.

Bursa Eropa juga ditutup menguat di tengah rilis data ekonomi dan kinerja keuangan HSBC yang melebihi ekspektasi. Tingkat inflasi Zona Eropa tercatat meningkat sebesar 1.7% di bulan April lebih tinggi dari ekspektasi 1.6%. Selain itu sentiment positif juga datang dari AS berupa rilis non farm payroll yang melebihi ekspektasi. FTSE 100 +0.40%, DAX +0.55%, CAC 40 +0.18% dan STOXX 600 +0.39%.

Harga minyak mentah dunia pada perdagangan Jumat lalu berakhir menguat tipis ditengah sentiment demand yang masih kuat, serta kekhawatiran kelebihan pasokan. Sentiment positif berasal dari rilis data tenaga kerja AS yang melebihi ekspektasi memberikan harapan bagi pelaku pasar terhadap permintaan minyak mentah masih akan tetap kuat. Selain itu sanksi larangan ekspor oleh AS terhadap Iran dan Venezuela serta pemangkasan prodiksi oleh OPEC juga ikut mengetatkan pasokan minyak. Arab Saudi diperkirakan memproduksi 10 juta bpd di bulan Mei yang turun dari bulan April sebesar 10.3 juta bpd. Meskipun banyaknya sentiment positif, namun harga minyak mentah dunia hanya menguat tipis dikarenkan harga tertekan dari produksi Rusia melalui pipa Druzhba menuju Eropa Barat setelah beberapa Negara menahan impor pada pekan lalu akibat kontaminasi.

IHSG pada perdagangan Jumat lalu bergerak cukup volatile. Indeks berakhir melemah di hari kedua secara berturut-turut imbas dari kemungkinan tidak akan diturunkannya tingkat suku bunga oleh The Fed, namun pelemahan indeks semakin berkurang pada saat penutupan. Asing juga mencatakan capital outflow dengan net sell sebesar Rp 968 miliar di seluruh pasar. Kami perkirakan pada perdagangan hari ini, IHSG akan mencoba untuk teknikal rebound yang didukung oleh penguatan bursa global. Range pergerakan indeks berada pada level 6300 – 6364. Saham-saham yang dapat diperhatikan adalah ULTJ (SoS), ASSA (SoS), ERAA (SoS), RAJA (buy), BMRI (buy), GJTL (SoS).

DISCLAIMER ON


Lastest Post