Stock_Pic_270519

Bursa Amerika ditutup pada zona hijau di perdagangan Jumat lalu setelah Donald Trump mengatakan perang dagang dapat segera berakhir. Sebelumnya pelaku pasar mengira perang dagang AS dan China akan berlangsung lama dan membutuhkan waktu untuk dapat berakhir. Dari data ekonomi yang dirilis berupa durable goods order tercatat turun 2.1% di tengah pelemahan ekspor. Hal ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang merupakan dampak dari perang dagang. Indeks Dow Jones +0.37%, S&P 500 +0.14% dan Nasdaq +0.11%.

Bursa Eropa juga mendapat sentiment positif dari kemungkinan akhir segera berakhirnya perang dagang. Sementara itu dari Inggris, PM Inggris Theresa May akan lengser dari posisi PM per 7 Juni setelah gagal menghasilkan kesepakatan Brexit. FTSE 100 +0.65%, DAX +0.49%, CAC 40 +0.67% dan STOXX 600 +0.56%.

Harga minyak mentah dunia rebound pada perdagangan Jumat lalu karena mendapat sentiment positif dari Donald Trump yang akan mengakhiri perang dagang. Namun harga masih mengalami pelemahan mingguan akibat meningkatnya pasokan minyak mentah AS serta kekhawatiran penurunan permintaan.

IHSG pada perdagangan Jumat lalu ditutup menguat dan secara mingguan indeks menguat 3.95% serta kembali berada pada level di atas 6000 setelah dua pekan lalu mengalami pelemahan mingguan hingga 6.16%. Pelemahan dua pekan lalu membuat indeks sudah berada pada level undervalue yang membuat pelaku pasar melakukan aksi bargain hunting di pekan lalu. Selain itu kondisi politik pasca pemilu dianggap masih kondusif meskipun terjadi beberapa kericuhan di sejumlah tempat. Kami perkirakan IHSG pada perdagangan hari ini akan bergerak mixed mencoba menguat dengan rentang pergerakan 6000 – 6107.

Selengkapnyawww.profindo.com

DISCLAIMER ON


Lastest Post