Stock_Pic_090419

Wall Street ditutup bervariasi pada perdagangan Senin waktu setempat ditengah investor menantikan musil laporan kinera kuartal pertama 2019. Adapun penurunan di Wall Street dipicu menurunnya saham Saham Boeing setelah Bank of America Merrill Lynch menurunkan peringkatnya dari buy menjadi netral. Mereka memperkirakan produksi pesawat 737 Max akan tertunda enam hingga sembilan bulan. Sementara itu, penurunan saham General Electric (GE) juga turut membebani pasar etelah JP Morgan menurunkan peringkat sahamnya. Dow Jones -0.32%, S&P500 +0.10%, dan Nasdaq +0.19%.

Bursa Eropa juga berakhir bervariasi ditengah menantikan hasil rilis kinerja keuangan di kuartal pertama. Adapun, Sektor perbankan mencatatkan pelemahan di tengah kabar lebih ketatnya aturan merger menjelang penggabungan dengan Deutsche Bank. Sentimen lainnya rilis data ekspor dan impor Jerman di bulan Februari mengalami penurunan yakni masing-masing turun -1.3% MoM dan -1.6% MoM juga turut menekan indeks di bursa Eropa. DAX +0.07%, CAC40 -0.08%, FTSE100 +0.07%, Stoxx600 -0.19%.

Harga minyak mentah ditutup menguat dipengaruhi sentimen adanya ekspektasi merosotnya pasokan minyak mentah global disebabkan konflik yang sedang terjadi di Libya. Selain itu, kenaikan harga minyak juga masih ditopang komitmen OPEC dan sekutu seperti Rusia ntuk menahan sekitar 1,2 juta barel pasokan per hari dari awal tahun ini.

Rilis data cadangan devisa yang meningkat sebesar US$ 1,27 miliar menjadi US$ 124,54 miliar pada akhir Maret 2019 tidak mampu menahan penurunan IHSG yang sempat anjlok lebih dari satu persen. Namun, menjelang penutupan kemarin IHSG rebound meski masih berada di zona merah. IHSG di perdagangan kemarin ditutup -48.28 poin (-0.75%) ke level 6,425.73. Aksi beli asing sebesar Rp 842 miliar mampu mendorong IHSG menguat dengan saham TLKM dan SMRA menjadi net top buyer, sedangkan saham CPIN dan JPFA menjadi net top seller. Saham penekan terbesar indeks adalah TLKM dan HMSP, sementara saham penopang indeks adalah CPIN dan BBRI. Diperkirakan IHSG pada hari ini mengalami technical rebound dengan range pergerakan 6409-6528. Saham yang diperhatikan adalah ACES (buy), PWON (SoS), INKP (SoS), PTPP (buy), MTDL (buy), dan HOME (buy).

 

DISCLAIMER ON


Lastest Post