Profindo Trading Idea 181227

Selamat pagi,

Wall Street pada perdagangan Rabu waktu setempat ditutup menguat tajam lebih dari empat persen pasca merayakan Natal didorong sejumlah sentiment yakni Laporan penjualan saat musim liburan di Amerika Serikat naik 5,1 persen menjadi lebih dari USD 850 miliar membuat saham ritel online Amazon mencatatkan memimpin kenaikan. Kenaikan harga minyak lebih dari delapan persen juga membuat saham-saham di sektor energi mendaki. Sentimen lainnya adalah adanya kabar bahwa Presiden Donald Trump tidak akan memecat Jerome Powell. Dow Jones 4.98%, S&P500 4.96%, Nasdaq 5.84%.

Perdagangan di bursa Eropa masih libur pada Rabu merayakan hari natal. Namun, kami memperkirakan bursa Eropa akan dibuka menguat pada perdagangan Kamis didorong sentiment positif kenaikan di Wall Street.

Harga minyak mentah dunia berakhir menguat tajam lebih dari delapan persen yang merupakan kenaikan tertinggi sejak 30 Maret 2016 saat OPEC menandatangani perjanjian pemangkasan produksi. Adapun, harga minyak mentah rebound sejalan dengan reli pasar saham yang kembali bangkit usai anjlok pada Senin lalu.  Selain itu, sentiment lainya yang mendorong kenaikan harga minyak adalah pernyataan Menteri Energi Rusia yang mengatakan bahwa pasar akan lebih stabil di semester I-2019 dan menyarankan kerjasama antara OPEC dan sekutunya dalam mendukung pasar.

Pasca libur Natal, IHSG pada perdagangan kemarin ditutup melemah ditekan melemahnya sektor perkebunan dan aneka industry. Adapun, penurunan IHSG juga dipengaruhi sentiment negative terkoreksinya nilai tukar Rupiah, melemahnya harga komoditas, dan terjadinya government shutdown di AS terkait dana pembangunan tembok perbatasan dengan Meksiko. Asing mencatatkan net sell sebesar Rp 213 miliar dengan saham  ITMA dan SMMA menjadi net top seller, sedangkan saham BBCA dan BBNI menjadi net top buyer. Kami memperkirakan indeks pada hari ini rebound dipengaruhi menguatnya bursa AS yang lebih dari empat persen. Range pergerakan IHSG pada hari ini yaitu  6090-6177. Saham yang diperhatikan adalah CPIN (buy), KPAS (buy), GJTL (buy), BNGA (SoS), INKP (buy), dan DOID (Buy).

DISCLAIMER ON


Lastest Post