Profindo Trading Idea 190103

Selamat pagi,

Wall Street pada perdagangan Rabu waktu setempat kompak berhasil ditutup menguat meskipun kenaikannya masih tipis. Namun, di awal perdagangan Wall Street sempat berada di zona merah dipengaruhi rilis data manufaktur yakni Caixin Manufacturing PMI China di Desember turun ke level 49.7 dibawah estimasi di level 50.3. Hal ini menunjukkan bahwa sengketa perdagangan yang sedang berlangsung antara AS dan China berdampak terhadap aktivitas manufaktur. Meskipun demikian, Wall Street berhasil menguat didorong menguatnya saham sektor energi yang ditopang dari lonjakan harga minyak, dan saham-saham sektor keuangan. Dow Jones +0.08%, S&P500 +0.13%, Nasdaq +0.46%.

Bursa Eropa berakhir bervariatif terseret dari adanya laporan perlambatan pada aktivitas manufaktur membuat meningkatnya kecemasan investor akan melambatnya ekonomi global. Adapun, sebagian besar sektor ditutup di zona merah yang dipimpin oleh penurunan sektor sumber daya alam FTSE100 +0.09%, DAX +0.20%, CAC40 -0.87%, Stoxx600 -0.13%.

Harga minyak mentah ditutup menguat lebih dari dua persen meskipun kekhawatiran perlambatan ekonomi masih membayangi. Adapun, kenaikan harga minyak didukung adanya tanda-tanda pengetatan pasokan minyak di Arab Saudi untuk mengimbangi rekor produksi di AS dan Rusia usai laporan bahwa Ekspor Saudi di Desember turun sekitar 0.5 juta bpd menjadi 7.25 bpd.

 

IHSG di awal pembukaan kemarin menguat, namun kenaikan tersebut tidak kuat sehingga IHSG berbalik ditutup melemah yang disebabkan oleh penurunan di Bursa Asia akibat data ekonomi yang mengecewakan, dan aksi profit taking usai sepanjang pekan lalu IHSG sempat mencatatkan kenaikan sebesar +0.50% terutama ditopang kenaikan di Sektor pertambangan +3.00%, dan industri dasar +2.34%. Asing mencatatkan buy sebesar Rp 207 miliar dengan saham PGAS dan BBCA menjadi net top buyer, sedangkan saham BBRI dan PTPP menjadi net top seller. Kami memperkirakan indeks pada hari ini bergerak mixed cenderung melemah dengan range pergerakan 6160 – 6203. Saham yang diperhatikan adalah LSIP (buy), MEDC (buy), TPIA (SoS), JPFA (buy), PGAS (buy), dan PTPP (SoS).

DISCLAIMER ON


Lastest Post