Profindo Trading Idea 190411

Selamat pagi,

Wall Street pada perdagangan Rabu waktu setempat ditutup menguat dipengaruhi rilis risalah the Fed pada Maret lalu bahwa mereka akan mempertahankan suku bunga acuannya sepanjang tahun ini. Dalam risalah tersebut, the Fed membuka ruang untuk menaikkan suku bunga akhir tahun 2019. Sentimen lainnya, para investor memantau perkembangan negosiasi dagang AS dan China setelah adanya pernyataan dari Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan kedua negara telah menyepakati mekanisme penegakan hokum untuk pelaksanaan perjanjian dagang jika kesepakatan tersebut akhirnya tercapai. Dow Jones +0.03%, S&P500 +0.35%, dan Nasdaq +0.69%.

Bursa Eropa berakhir bervariasi dikarenakan para investor menantikan hasil pertemuan Dewan Eropa membahas perpanjangan Brexit. Sementara itu,  adanya sentimen positif pengumuman bahwa  ECB memutuskan menahan bunga acuannya ditengah meningkatnya kekhawatiran akan terjadinya perlambatan ekonomi global mampu membawa sebagian indeks ke zona hijau. DAX +0.47%, CAC40 +0.25%, FTSE100 -0.05%, Stoxx600 +0.26%.

Harga minyak mentah ditutup menguat meski rilis data persediaan minyak mentah As pada pekan lalu melonjak 7.03 juta barel diatas estimasi 2.29 juta barel. Kenaikan harga minyak ini masih ditopang dari Sanksi AS terhadap eksportir minyak Iran dan Venezuela, serta pengurangan pasokan oleh OPEC dan sekutu termasuk Rusia. Adapun, OPEC merilis laporan bulanan yang menunjukkan produksi minyak Venezuela merosot pada bulan lalu ke level terendah di bawah 1 juta barel per hari disebabkan sanksi dari AS.

Indeks selama perdagangan kemarin bergerak melemah mengikuti pelemahan bursa global serta pemangkasan pertumbuhan ekonomi global tahun 2019 oleh IMF menjadi 3.3% dari 3.5%. Namun di ujung perdagangan indeks berhasil menutup pelemahan mejadi lebih tipis didukung oleh net buy asing setelah mencerna rilis data retail sales Indonesia bulan Maret yang tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Indeks diperkirakan akan rebound di hari ini dengan range 6439 – 6506. Saham yang diperhatikan adalah MEDC (SoS), WSKT (buy), ESCLP (buy), AKRA (buy), SCMA (buy), dan BBTN (buy).

DISCLAIMER ON


Lastest Post