Profindo Trading Idea 190321

Selamat pagi,

Wall Street sebagian besar ditutup melemah pada perdagangan Rabu waktu setempat dipimpin melemahnya sektor perbankan setelah the Fed mengumumkan kebijakan suku bunganya. The Fed menahan suku bunga acuan hari Rabu. Namun, The Fed juga memperkirakan tidak akan ada kenaikan bunga lanjutan di 2019 yakni turun dari dua kali kenaikan suku bunga yang diproyeksikan sebelumnya. The Fed juga mengindikasikan akan mengakhiri normalisasi neracanya pada September mendatang. Selain itu, the Fed memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi AS di 2019. Saham-saham di Wall Street juga tertekan setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan bea impor terhadap produk-produk China dapat tetap diterapkan untuk jangka waktu yang panjang. Dow Jones -0.55%, S&P500 -0.29%, dan Nasdaq +0.07%.

Bursa Eropa berakhir melemah terseret dari kabar terbaru dari Brexit bahwa Perdana Menteri Inggris Theresa May secara resmi meminta penundaan Brexit dimana sebelumnya May meminta waktu keluarnya Inggris dari UE yang seharusnya pada 29 Maret diundur ke 30 Juni. Selain itu, meningkatnya kecemasan perang dagang antara As dan China juga menjadi sentiment negative terhadap pergerakan indeks dibursa Eropa yang dipimpin melemahnya sektor otomotif usai adanya kabar tersebut.  FTSE 100 -0.45%, Stoxx600 -0.90%, CAC 40  -0.80% dan Dax -1.57%.

Harga minyak mentah ditutup menguat tajam lebih dari satu persen setelah EIA merilis data persediaan minyak mentah AS pekan lalu turun tajam 9.59 juta barel, sementara estimasi memperkirakan naik 0.31 juta barel.

IHSG rebound di perdagangan kemarin dipimpin menguatnya sektor pertambangan dan keuangan. Asing mencatatkan net buy sebesar Rp 83 miliar dengan saham BBRI dan BBNI menjadi net top buyer, sedangkan saham BIRD dan ASII menjadi net top seller. Saham penopang kenaikan indeks adalah UNVR dan BDMN, sementara saham penekan indeks adalah ASII dan FREN. Kami perkirakan IHSG pada perdagangan hari ini menguat dengan 6466-6521. Saham yang diperhatikan adalah TRAM (buy), JPFA (buy), WSBP (SoS), TINS (buy), PGAS (buy), dan GGRM (buy).

DISCLAIMER ON


Lastest Post