Profindo Trading Idea 191112

Selamat pagi,

Bursa Amerika berakhir variarif dengan investor menunggu pernyataan Donald Trump pada Selasa di The Economic Club of New York terkait kelangsungan proses kesepakatan dagang dengan China. Indeks Dow Jones +0.04%, S&P 500 -0.20% dan Nasdaq -0.13%.

Bursa Eropa berakhir mixed cenderung melemah akibat kekhawatiran kelanjutan kesepakatan dagang AS dan China. Demontrasi di Hongkong yang berakhir ricuh juga ikut menekan indeks. Selain itu rilis beberapa data ekonomi juga ikut mempengaruhi indeks. PDB Inggris tercatat tumbuh 0.3% di kuartal III yang menunjukan Inggris belum mengalami resesi dimana di Kuartal II PDB tercatat kontraksi 0.2%, namun produksi manufaktur Inggris turun 0.4% MoM di bulan September. Indeks FTSE 100 -0.42%, DAX -0.23%, CAC 40 +0.07% dan STOXX 600 -0.02%.

Harga minyak mentah dunia ditutup melemah di tengah kekhawatiran kelebihan pasokan. Kesepakatan dagang  antara AS dan China yang belum pasti membuat pelaku pasar khawatir terhadap permintaan minyak. Selain itu data ekonomi China yang memperlihatkan perlambatan seperti PPI dan juga penjualan mobil ikut menekan harga. 

IHSG pada perdagangab kemarin berakhir melemah dikarenakan sentimen negatif dari bursa global dan juga net sell asing. Secara teknikal, indikator MACD, RSI dan Stochastic menunjukan indeks masih akan bergerak melemah dengan rentang pergerakan 6100-6198.

DISCLAIMER ON

 


Lastest Post