Profindo Trading Idea 190312

Selamat pagi,

Wall Street pada perdagangan Senin waktu setempat berhasil kompak ditutup menguat mengakhiri penurunannya selama lima hari berturut-turut ditopang menguatnya sektor terknologi yakni Facebook dan Apple. Namun, kenaiakan di Wall Steer tertahan akibat penurunan saham Boeing setelah adanya kabar bahwa sebuah pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dioperasikan oleh Ethiopian Airlines jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari Addis Ababa pada hari Minggu yang merupakan kecelakaan kedua dimana sebelumnya sempat menimpa aramada Lion Air. Dow Jones +0.79%, S&P500 +1.47%, dan Nasdaq +2.02%.

Bursa Eropa ditutup menguat tipis men jelang pemungutan suara krusial di Parlemen Inggris terkait kesepakatan Brexit yang diusung PM Inggris Theresa May apakah anggota Parlemen Inggris akan memutuskan menerima atau menolak kesepakatan yang dibawa May. Adapun kenaikan di bursa Eropa ditopang menguatnya sektor bank usai adanya pemberitaan terkait merger.  FTSE 100 +0.37%, Stoxx600 +0.78%, CAC 40  +0.66% dan Dax +0.75%

Harga minyak mentah berakhir menguat didorong komentar dari Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih yang menilai penghentian pemangkasan pasokan yang dipimpin Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) tidak mungkin dilakukan sebelum Juni 2019. Komentar tersebut membuat pelaku pasar yakin kalau OPEC masih akan terus mempertahankan tingkat produksi minyak pada level yang telah disepakati pada Desember 2018.

IHSG di perdagangan kemarin melemah tipis - dipengaruhi sentiment negative penurunan di bursa Asia dikarenakan investor lebih berhati-hati kemungkinan perlambatan ekonomi global. Adapun, sektor industri dasar, dan agri memimpin pelemahan indeks pada hari ini. Asing mencatatkan net sell sebesar Rp 559 miliar dengan saham BMRI dan BBCA menjadi net top seller, sedangkan saham ITMG dan WSKT menjadi net top buyer. Saham penekan indeks adalah BMRI dan TCPI, sedangkan saham penopang indeks adalah BBCA dan TLKM. Diperkirakan IHSG pada perdagangan hari ini bergerak mixed cenderung menguat dengan range pergerakan 6348-6404. Saham yang diperhatikan adalah EXCL (buy), UNTR (SoS), MAPI (SoS), ADRO (SoS), WSBP (Buy), dan MEDC (SoS).

 

DISCLAIMER ON


Lastest Post