Profindo Trading Idea 190322

Selamat pagi,

Wall Street rebound pada perdagangan Kamis waktu setempat didorong menguatnya saham-saham teknologi terutama Apple menjelang  perdana layanan streaming yang diharapkan akan dibuka minggu depan. Selain itu, kenaikan di Wall Street juga didorong laporan bahwa tunjangan pengangguran turun sebesar 221 ribu dibandingkan estimasi sebebesar 226 ribu, dan aktivitas pabrik di bulan Maret naik tajam ke level 13.7 di atas estimasi di level 4.6 meredakan kekhawatiran para invetor tentang pelemahan ekonomi ditengah ketidakpastian negosiasi dagang As dan China, dan Brexit. Dow Jones +0.84%, S&P500 +1.09%, dan Nasdaq +1.42%.

Bursa Eropa berakhir bervariatif ditekan melemahnya sektor perbankan setelah Bank of England (BOE) mengumumkan mempertahankan suku bunga tetap stabil sesuai eskpektasi. Namun, keputusan tersebut diumumkan di tengah meningkatnya ketidakpastian atas tanggal kepergian Inggris dari Uni Eropa (Brexit). Kabar terbaru bahwa Uni Eropa akhirnya sepakat untuk menunda tanggal resmi keluarnya Inggris dari blok tersebut. Presiden Dewan Eropa Donald Tusk mengatakan UE akan memberi perpanjangan hingga 22 Mei apabila Perdana Menteri Theresa May mampu mendapatkan persetujuan dari parlemen pekan depan. Bila gagal, Inggris hanya akan mendapat perpanjangan waktu hingga 12 April. FTSE 100 +0.88%, Stoxx600 -0.04%, CAC 40  -0.07% dan Dax -0.46%.

Harga minyak mentah melemah dipicu kembali meningkatnya kekhawatiran perang dagang ditengah perlambatan ekonomi global membuat para pelaku pasar khawatir akan mempengaruhi penurunan permintaan minyak. Selain itu, pelemahan harga minyak juga disebabkan menguatnya Dollar As sehingga merusak minat investor terhadap minyak mentah dan komoditas lainnya yang dijual dalam mata uang AS.

IHSG di perdagangan kemarin terus melanjutkan kenaikanya dipimpin menguatnya sektor industry dasar dan properti.  Selain itu, para investor juga berfokus pada hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 20-21 Maret 2019 memutuskan untuk mempertahankan suku bung acuannya di level 6.00%. Asing mencatatkan net sell sebesar Rp 90 miliar dengan saham PTBA dan ASII menjadi net top seller, sedangkan saham menjadi CTRA dan BBTN net top buyer. Kami perkirakan IHSG pada hari ini masih akan melanjutkan kenaikannya dengan range pergerakan 6460-6552. Saham yang diperhatikan adalah  INTP (SoS), SMRA (buy), WOOD (SoS), GIAA (buy), WEGE (SoS), dan MPPA (SoS).

 

DISCLAIMER ON


Lastest Post