Profindo Trading Idea 190218

Selamat pagi,

Wall Street pada perdaagangan Jumat waktu setempat kompak berakhir menguat masih didukung meningkatnya harapan perundingan dagang antara AS dan China akan mencapai kesepakatan. Adapun, negosiasi lanjutan AS dan China akan segera digelar kembali di Washington pekan ini. Kedua negara tersebut menyatakan bahwa ada kemajuan dalam perundingan dagang yang digelar di Beijing pekan tadi. Adanya perundingan tersebut memberikan harapan meredanya kekhawatiran terkait perlambatan ekonomi global.  Dow Jones +1.74%, Nasdaq +0.61%, dan S&P 500 +1.09%.

Bursa Eropa juga mencatatkan kenaikannya ke posisi tertinggi sejak November tahun 2018 dipengaruhi sentiment positif meredanya kekhawatiran terkait perang dagang antara AS dan China. Adapun, sector tambang dan otomotif memimpin kenaikan di bursa Eropa usai adanya kabar tersebut. FTSE 100 +0.55%, Stoxx600 +141%, CAC 40  +1.79% dan Dax +1.89%.

Harga minyak dunia terus melanjutkan kenaikan hingga Jumat didukung pemangkasan produksi minyak mentah Arab Saudi di ladang lepas pantai afaniyah untuk memperbaiki kabel listrik yang rusak. Selain itu, kenaikan harga minyak juga didukung pernyataan Rusia yang berjanji untuk melakukan pemotongan produksi setelah tertinggal di belakang anggota OPEC.

IHSG di perdagangan Jumat lalu ditutup melemah disebabkan melebarnya defisit neraca perdagangan sebesar USD 1.16 miliar. Sementara Expor turun -4.7% yoy lebih besar dari estimasi -2.54% yoy, dan Impor turun -1.83% yoy lebih besar estimasi -1.05% yoy. Asing mencatatkan net sell sebesar Rp 287 miliar, dengan saham BBCA dan EXCL menjadi net top seller, sedangkan saham BTPS dan INDF menjadi net top buyer. Kami memperkirakan IHSG pada perdagangan hari ini terkonsolidasi dengan range pergerakan 6370-6444. Saham yang diperhatikan adalah ERAA (buy), LPPF (buy), CPIN (buy), KAEF (buy), ASII (buy), EXCL (buy)

 

DISCLAIMER ON


Lastest Post