Profindo Trading Idea 190318

Selamat pagi,

Wall Street pada perdagangan Jumat waktu setempat didorong adanya kabar bahwa pembicaraan perdagangan antara AS dan China menemukan titik Cerah. Adapun, Kantor berita Xinhua yang dikelola oleh pemerintah China menuliskan bahwa pihak Washington dan Beijing membuat kemajuan yang sangat substansial dalam pembicaraan perang perdagangan. Selain itu, kenaikan di Wall Street juga dipimpin menguatnya saham di sektor teknologi terutama saham pembuat chip. sentimen lain yang mempengaruhi gerak Wall Street adalah sikap dovish the Fed pada kenaikan suku bunga di masa depan membantu mengangkat saham di tahun ini. Dow Jones +0.54%, S&P500 +0.50%, dan Nasdaq +0.76%.

Bursa Eropa ditutup menguat dipengaruni sinyal positif negosiasi konflik dagang antara AS dan China. Selain itu, kenaikan di Bursa Eropa juga terdorong oleh menguatnya ekspektasi bahwa Inggris tidak akan hengkang dari Uni Eropa pada 29 Maret mendatang tanpa kesepakatan untuk meminimalkan perlambatan ekonomi. FTSE 100 +0.60%, Stoxx600 +0.68%, CAC 40  +1.04% dan Dax +0.85%.

Harga minyak mentah melemah tipis dikarenakan kekhawatiran pelaku pasar terkait pertumbuhan ekonomi global yang masih penuh tantangan dan jumlah produksi AS yang terus meningkat. Selain itu, para pelaku pasar juga wait and see pertemuan OPEC pada 17-18 April untuk kembali memutuskan kebijakan produksi.

IHSG pada perdagangan Jumat pekan lalu terus melanjutkan kenaikannya +47.92 poin (+0.75%) ke level 6,461.18. Kenaikan pada hari ini ditopang dari rilis surplus neraca perdagangan di bulan Februari USD 0.33 miliar. Namun Ekspor mengalami penurunan sebesar -11.33% YoY lebih tinggi dari estimasi -4.5% YoY, sementara impor turun -13.98% yoy lebih tinggi dari estimasi yang diperkirakan tumbuh 0.30%. Asing mencatatkan net buy sebesar Rp 410 miliar dengan saham BBRI dan BBCA menjadi net top buyer, sedangkan saham TLKM dan ASII menjadi net top seller. Kami perkirakan IHSG pada hari ini akan mengalami profit taking, dengan range pergerakkan 6400-6540. Saham yang diperhatikan adalah KLBF (buy), INKP (buy), ANTM (buy), BMRI (buy), INCO (buy), dan MAPI (buy).

 

DISCLAIMER ON


Lastest Post