Profindo Trading Idea 190415

Selamat pagi,

Wall Street kompak ditutup menguat pada perdagangan Jumat waktu setempat dipimpin menguatnya saham-saham sektor keuangan didorong rilis kinerja kuartal perusahaan perbankan yakni JPMorgan Chase & Co melampaui perkiraan, membuat meredanya kekhawatiran investor akan terjadinya perlambatan ekonomi global yang dapat membebani kinerja perusahaan. Sentimen lainnya yang menggerakkan Wall Street yaitu menguatnya saham-saham sektor energi setelah adanya laporan kesepakatan akuisisi Anadarko Petroleum oleh Chevron telah rampung dengan nilai transaksi USD 33 juta. Selain itu, rilis data neraca perdagangan di China yang pada Maret meningkat menjadi USD 32.65 miliar diatas estimasi USD7.05 miliar turut menjadi sentimen positif pendorong di Wall Street.  Dow Jones +1.03%, S&P500 +0.66%, dan Nasdaq +0.46%.

Bursa Eropa berakhir menguat didorong sentimen positif kenaikan di bursa Asia usai  dirilisnya data neraca perdagangan di China yang berada diatas estimasi memberikan sinyal bahwa perekonomian di China masih stabil. Selain itu, dirilisnya laporan keuangan JP Morgan juga membawa pengaruh positif meningkatnya saham-saham di sektor perbankan di Eropa.  DAX +0.54%, CAC40 +0.31%, FTSE100 +0.26%, Stoxx600 +0.16%.

Harga minyak mentah ditutup menguat dipicu pemangkasan pasokan dari Venezuela dan Iran, serta memanasnya konflik yang terjadi di Libya. Adapun, Kepala Perusahaan Minyak Nasional Libya memperingatkan bahwa pertempuran baru dapat menghapus produksi minyak mentah di negara tersebut.

IHSG pada perdagangan Jumat lalu bergerak mixed, dan ditutup melemah dipimpin melemahnya sektor industry dasar, dan aneka industri. Selain itu, aksi jual asing yang mencapai Rp 1.05 triliun juga menjadi sentiment penekan indeks dengan saham MAPA dan BBRI menjadi net top seller, sedangkan saham ASII dan BRPT menjadi net top buyer. Saham penekan terbesar indeks adalah TLKM dan CPIN, sementara saham penopang indeks adalah HMSP dan UNVR. Diperkirakan IHSG pada perdagangan hari ini akan mengalami techical rebound dengan support 6400 - resisten 6470. Saham yang diperhatikan adalah HMSP (buy), MTDL (buy), ERAA (buy), ICBP (buy), PWON (SoS), dan EXCL (buy).

 

DISCLAIMER ON


Lastest Post