Profindo Trading Idea 190430

Selamat pagi,

Bursa amerika melanjutkan penguatan dengan indeks S&P500 mencetak rekor tertinggi yang dipimpin oleh sektor keuangan saat imbal hasil obligasi pemerintah AS bergerak lebih tinggi menjelang FOMC meeting. Sekitar lebih dari setengah emiten yang terdaftar di S&P 500 telah merilis kinerja keuangan mereka yang rata-rata 5.3% di atas estimasi. Hal ini meyakinkan investor yang tertekan karena perkiraan laba yang lebih lemah. Selain itu rilis data ekonomi berupa personal spending yang tumbuh di atas estimasi juga membuat investor yang pesimis yakin terhadap ekonomi AS. Dow Jones +0.04%,S&P500 +0.11% dan Nasdaq +0.19%.

Bursa ditutup menguat tipis ditengah data ekonomi yang melemah. Sektor keuangan memimpin penguatan S&P Global menegaskan peringkat kredit Italia di BBB yang memberikan lebih banyak waktu untuk pemerintah dalam meredam gejolak ekonomi. Dari sisi data ekonomi menunjukan bahwa sentimen ekonomi Zona Euro tergelincir dlam 10 bulan berturut-turut ke level terendah sejak April dua tahun lalu. FTSE 100 +0.17%, DAX +0.10%, CAC 40 +0.21%, STOXX 600+0.08%.

Harga minyak mentah berakhir menguat karena aksi bargain hunting pelaku pasar setelah indeks sempat melemah selama tiga hari berturut-turut. Pelemahan harga terjadi setelah AS meminta Arab Saudi untuk menambah produksi guna menahan kenaikan harga pada bensin. 

IHSG di perdagangan kemarin dibuka melemah namun berhasil  ditutup menguat +24.82 poin (+0.39%) ke level 6,425.9. Asing mencatatkan net buy sebesar Rp 52.09 triliun di seluruh pasar dengan saham BDMN terjadi net buy sebesar Rp 49.6 triliun di pasar negosiasi, sedangkan di pasar regular terjadi net sell sebesar Rp 336.7 miliar dengan saham TLKM dan BBNI menjadi net top seller sedangkan WIKA dan BTPS menjadi net top buyer. Saham penopang indeks adalah HMSP dan BBCA, sementara saham penekan indeks adalah TLKM dan UNVR. Kami perkirakan indeks pada perdagangan hari ini akan bergerak mixed dengan rentang pergerakan 6395 - 6441. Saham-saham yang dapat diperhatikan adalah PWON (buy), BBRI (buy), AALI (buy), JPFA (buy), WEGE (buy), UNVR (buy).

DISCLAIMER ON


Lastest Post